1.4.18

# Jawa Tengah # Obyek # Semarang

Borong Tanaman Di Taman Wisata Kopeng

kopeng


Kopeng adalah desa wisata lama di wilayah kabupaten Semarang. Saya sudah beberapa kali kesana tapi dari Magelang. Dari kota Magelang, jarak Kopeng lebih dekat jika dibandingkan dengan dari kota Semarang. Kopeng pernah sangat terkenal dan menjadi tujuan wisata alam utama di Jawa Tengah. Keberadaannya pelan-pelan meredup, kalah dengan obyek wisata baru yang lebih bisa mengakomodasi kebutuhan wisatawan jaman sekarang, antara lain spot foto, atraksi yang lebih beragam dan kuliner yang khas.


kopeng


Pemerintah daerah dan masyarakat bukannya tidak menyadari hal ini. Berbagai inovasi sudah dilaksanakan untuk mengejar ketinggalan tersebut. Terlebih, Top Selfie yang sedang hits berada tak jauh dari Kopeng sehingga menyedot pengunjung kesana. Salah satu usaha jemput bola yang dilakukan adalah memasang baliho raksasa di Ring Road Utara Yogyakarta yang mempromosikan wisata outbond di Kopeng.


kopeng


Saya sendiri bukanlah pengejar spot foto untuk selfie. Saya adalah penikmat perjalanan yang sudah bahagia jika bisa melihat kehidupan masyarakat yang tenteram sepanjang perjalanan. Pemandangan di kanan dan kiri jalan serba hijau dan sejuk. Kopeng diapit oleh gunung Merbabu, Andong dan Telomoyo.


kopeng


Salah satu yang unik sepanjang jalan menuju ke Kopeng adalah mesjid-mesjid yang designnya mirip dengan mesjib di Riau.


kopeng


Kata teman saya yang penganut agama lain, Kopeng sering mereka gunakan untuk menyepi dan beribadah. Biasanya mereka pergi berombongan. Di wilayah Kopeng terdapat banyak villa yang disewakan.


kopeng

Untuk obyek wisata yang berada didalam Taman Wisata Kopeng sendiri banyak yang sudah tidak berfungsi. Tapi masih ada obyek baru diluar taman wisata untuk seluruh keluarga.


kopeng

Jika ke Kopeng, tujuan saya hanya tanaman. Meskipun sesampainya dirumah tidak semua bisa bertahan lama, tapi saya kok nggak kapok beli disana. Lagipula sebab tanaman tersebut tidak bisa bertahan lama adalah karena saya tidak telaten merawatnya. Kalau sudah berada di tempat penjualan tanaman, saya sering lupa diri melihat bunga yang cantik dan berwarna cerah. Selain itu, banyak pula tanaman bumbu yang sulit dicari di kota saya, misalnya rosemary yang digunakan Gordon Ramsay ketika memasak steak. Harga-harganya pun tidak mahal.


kopeng

Hasil akhir yang diharapkan dari piknik itu adalah kesehatan jiwa. Jadi pilih saja apa yang ingin dinikmati dari sebuah destinasi. Tidak perlu harus seperti orang-orang.

Taman Wisata Kopeng
Jl Raya Salatiga - Semarang Km 15
Kopeng, Getasan, Semarang, Jawa Tengah
Telepon (0298) 318344

No comments:

Post a Comment

Thank you for your comment. It will appear soon.