14.11.11

# Belanja # DIY

Oleh-oleh Jogja Unik


Kretek klobot
Mudah sekali mencari oleh-oleh Jogja, baik berupa makanan maupun souvenir. Terlebih bila parkir seputar obyek wisata, langsung disambut berbagai macam penjual oleh-oleh.
Daftar oleh-oleh berupa makanan khas Jogja sangat panjang, misalnya gudeg, bakpia, geplak, spekoek sampai yang lebih modern seperti coklat, pudding, brownies dan sebagainya.
Untuk non-makanan bahkan lebih banyak lagi, mengingat

Jogja memiliki banyak sentra kerajinan. Batik dan kaos khas Jogja tentusaja menjadi andalan selain berbagai kerajinan seperti tas anyaman, gerabah, lampu-lampu kerang, perabotan bambu, bunga klobot (daun jagung) dan masih banyak lagi.
Pomade
Yang khas dari kreasi oleh-oleh Jogja itu ada dua aliran (menurut saya), yaitu klasik cenderung kuno atau yang malah nganehi-nganehi alias nyentrik. Maka rugi sekali jika anda ke Jogja dan membatasi diri hanya mencari oleh-oleh yang umum atau sudah biasa dibeli wisatawan. Biarkan diri menjelajah benda-benda unik agar liburan anda benar-benar mengesankan dan teman atau saudara yang anda bawakan oleh-oleh juga terkesan. Arti terkesan kan tidak harus girang dan kenyang, tapi juga termasuk terheran-heran. Heheheee….
Cerutu Tarumartani
Nah foto-foto yang saya upload di artikel ini berasal dari Mirota Batik yang terletak di Malioboro dan Koi yang terletak di Jalan Parangtritis. Rokok dan cerutu Tarumartani milik Sultan Jogja itu misalnya, bisa diberikan sebagai oleh-oleh untuk teman laki-laki. Meskipun agak spekulatif apakah citarasanya bisa diterima, paling tidak kita memberi kesempatan pada teman tersebut untuk berekplorasi dengan citarasa baru.
Kretek Yogjonan
Rokok klobot temuan saya lainnya bahkan lebih aneh lagi. Terakhir saya melihat itu sekitar 30 tahun lalu, dihisap oleh kakek buyut saya yang waktu itu saja sudah sepuh sekali. Pasti membuat teman-teman heran garuk-garuk kepala sewaktu mencoba rokok klobot itu.
Selain itu masih ada pomade (minyak rambut) yang juga sangat jadul, berbagai mainan kayu, alat musik kayu, atau yang menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan seperti tas dari limbah plastic dan sebagainya.
Sampeyan itu ke Jogja, cari oleh-oleh juga harus sama kreatifnya dengan orang Jogja. Jangan terbatas itu-itu thok yaaa…..

2 comments:

Thank you for your comment. It will appear soon.