10.9.11

# Belanja # Jawa Timur

Toko Mirasa Madiun

-->
Sambel Pecel
Alamat: Jl. Jendral Sudirman 210 Madiun, telepon 463465.
Meskipun Madiun bukanlah kota wisata melainkan kota transit, namun untuk oleh-oleh, Madiun terkenal dengan beberapa produk makanan khasnya seperti lempeng, ting-ting, brem dan tentu saja sambel pecel. 
Lempeng adalah sejenis kerupuk dari ketat uli. Di beberapa kota, seperti Pekalongan, lempeng dikenal sebagai gendar. Lempeng Madiun terkenal karena sangat tipis dan warnanya
yang cerah bersih. Rasanya gurih. Lempeng dijual dalam bentuk mentah maupun matang. Lempeng matang di packing dalam kotak besek agar tidak mudah remuk.
Brem
Brem Madiun sebenarnya buatan Caruban, tapi entah mengapa lebih dikenal sebagai brem Madiun. Brem terbuat dari tape, yang dimakan seperti ada rasa ces yang adem dan menggigit. Jika brem Bali dijual dalam bentuk yang lebih kecil, brem Madiun dijual dalam bentuk potongan-potongan yang besar dan tebal. Di stasiun kereta api Madiun bisa juga ditemui brem dalam bungkusan kecil seperti coklat, namun yang lebih diminati adalah yang dalam bentuk batangan tersebut.
Ting-ting Kacang
Rugi sekali ke Madiun jika tidak makan nasi pecel. Meskipun tidak bisa mampir ke warung-warung nasi pecel yang terkenal, nasi pecel dijual pula secara asongan di stasiun kereta api dan terminal. Rasanya juga tak kalah nikmat. Nah, sambelnya bisa kita beli dan tinggal merebus sayur dirumah untuk makan nasi pecel bersama keluarga atau untuk oleh-oleh. Sambel pecel cukup awet disimpan dalam waktu yang lama, tapi jangan sembarangan membeli di tukang sayur di kota-kota yang jauh dari Madiun dan mengklaim asli Madiun. Amati benar nama pembuat dan kondisi sambel tersebut jika tidak ingin diare.
Lempeng
Semua oleh-oleh tersebut bisa anda beli di Toko Mirasa Madiun dengan kebersihan dan rasa yang terjamin. Lokasi tokonya cukup mudah, tepat diperempatan traffic light Tugu dipusat kota Madiun.

No comments:

Post a Comment

Thank you for your comment. It will appear soon.