Wisata Alam Nirmolo Kaliurang Jogja Untuk Yang Suka Tracking

8:45 PM

nirmolo kaliurang jogja


Judulnya saja Obyek Wisata Alam, jadi Nirmolo menyuguhkan keindahan alam tanpa banyak polesan.

Obyek wisata alam Nirmolo sekarang memang sedang kalah pamor dengan obyek lain di Kaliurang seperti Lava Tour. Padahal banyak yang bisa dilihat dan dinikmati disini.

Baca juga: Sate Buntel Pak Parto Kaliurang

Oya, saya harus bilang dulu, kalau teman-teman mengharapkan foto-foto dipuncak, well, dengan menyesal saya tidak punya. Saya punya masalah dengan pernapasan sehingga tidak kuat melakukan kegiatan ekstrem, meskipun sebenarnya ini tidak terlalu ekstrem bagi kebanyakan orang lain.


nirmolo kaliurang jogja
Gardu pandang. 

Saya sendiri baru pertama kali ke Nirmolo. Itupun tidak direncanakan melainkan penasaran pas lewat. Padahal tak terhitung berapa kali saya ke Kaliurang mengingat keluarga besar punya properti disana. Parah ya? Jaman kuliah dulu malah sering iseng ke Kaliurang cuma buat makan siang di warung dengan teman-teman naik motor. Nirmolo itu bahasa Jawa, artinya kahyangan, tempat para bidadari di cerita pewayangan. Jadi sesungguhnya Kaliurang itu banyak sekali obyek wisata yang bisa dieksplorasi, nggak cukup cuma sehari dan jangan terpaku dengan yang sedang viral di instagram. Kecuali kalau tujuannya memang berburu followers sih, bukan mau piknik santai. Hehehee....

Baca juga: Warung Ijo Kaliurang Pak Supardi
Plawangan di kejauhan.

Nirmolo adalah bagian dari Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM). Letaknya sebelah Plawangan. Luas TNGM sekitar 6410 hektar, dengan 5.216 di wilayah Jawa Tengah dan 1.284 hektar di wilayah DIY. Jadi sebenarnya wilayah Jateng jauh lebih luas, meliputi Magelang, Boyolali dan Klaten. Sementara untuk wilayah DIY berada di Sleman. Namun demikian, DIY lebih bisa memaksimalkan potensi wisatanya.

nirmolo kaliurang jogja
Kali Boyong dibawah sana tidak kelihatan.

Dahulu wisata sunrise cukup populer disekitar sini. Biasanya waktu subuh mereka berkumpul di Vogel. Sekarang kalah pamor dengan Mangunan. Kaliurang juga masih ada wisata berburu sunrise tapi agak manja dengan paket lava tour.


nirmolo kaliurang jogja

Kalau melihat blog orang lain, harga tiket masuk Nirmolo beda-beda. Mungkin tergantung kapan kesananya. Saya kesana tahun 2015 (widiiih udah lama banget) dengan harga tiket Rp 7.500 dihari libur. Murah banget jika dilihat dari banyaknya obyek wisata didalam nirmolo. Ditambah dengan parkir tapi saya tidak ingat berapa karcis parkirnya.

Baca juga: Museum Ullen Sentalu

nirmolo kaliurang jogja

Dari pintu masuk, pengunjung bisa langsung bersantai dengan main ayunan, foto-foto atau naik ke gardu pandang. Gardu pandang ini berbeda dengan gardu pandang di festival of light dibawahnya. Kalau dari gardu pandang dibawah, kita bisa melihat Kali Boyong yang menjadi jalan lahar gunung Merapi. Kalau dari gardu pandang Nirmolo tidak kelihatan karena tertutup rimbun tanaman.

nirmolo kaliurang jogja
Penunjuk jalan untuk naik ke Plawangan dan Goa Jepang.

Dengan tiket Rp 7.500 tadi sudah termasuk akses ke goa Jepang dan ke Plawangan Turgo. Plawangan adalah bukit, tameng kawasan wisata Kaliurang dari letusan gunung Merapi. Itulah sebabnya, meski beberapa kali terjadi erupsi tapi Kaliurang sedikit kena. Salah satu yang pernah rusak parah hingga mengakibatkan korban adalah peternakan sapi. Sedangkan sebagian besar Kaliurang aman meski sangat dekat dengan gunung tersebut. Hanya aliran pdam saja yang terputus hingga waktu yang sangat lama.

Kalau teman-teman ingin wisata alam di gunung Merapi yang tidak hiruk pikuk dan murah, disinilah tempatnya.

You Might Also Like

7 comments

  1. Saya pernah naik ke Merapi, Mbak. Tapi malah nggak tahu ada taman alam kayak gini. Next kalau ke Jogja lagi akan saya sambangi. tentunya kalau pak swamik mau, heheh

    ReplyDelete
  2. weisss, tempatnya asri dan sejuk ya mbak

    ReplyDelete
  3. Saya belum pernah main ke Kaliurang. Lokasi wisata yang alami dan relatif gak hiruk pikuk

    ReplyDelete
  4. Ada Goa Jepang Juga Mbak ... ?

    Pemandangan alam memang luar biasa, udaranya sejuk, fresh dan bikin sehat, kalau kesana terus pasti membuat tubuh menjadi awet muda.:)

    ReplyDelete
  5. Lava tour? Kedengarannya menyeramkan, ini pasti disekitar Gunung Merapi ya mbak? Iyalah pasti destinasi ini diburu karena sedang kekinian (kata mbak Lusi), dan pasti fotonya cucok dipasang di IG karena ada aliran lavanya yang merah membara hehe.. Eh tapi lavanya leleh apa beku yaa.. *Maaf, komentar ini sok tahu banget :).

    Di Nirmolo ini tiketnya murah ya mbak, cuma 7.500. Saya suka juga destinasi wisata alam gini, yang penting ada fasilitas kamar mandi, mushola dan warung/rumah makan yang murah..

    Jadi ingat jaman masih gadis main di Kaliurang, waktu itu beli bakso. Saya pikir enak nih makan bakso panas-panas karena udara dingin. Eh.. ternyata baksonya cepat dingin juga, kebanyakan ngobrol sih nggak dimakan-makan hehe..

    ReplyDelete

Thank you for your comment. It will appear soon.