Mencicipi Masakan Melayu Di RM Rempah Asia Jogja

Bagi yang pernah tinggal di semenanjung Melayu, makanan yang kaya rempah itu bikin kangen.

Nasi Lemak Komplit Rp 28.000,-

Saya belum pernah makan dimanapun yang rempah "seberani" masakan-masakan Melayu. Makanan seperti nasi lemak sangat digemari di sebagian Sumatra, Singapura dan utamanya Malaysia. Cita rasa masakan Melayu itu gurih. Tapi di Jogja yang terkenal dengan makanan serba manis ini dimana bisa mendapatkan masakan Melayu seperti itu? Yang lebih penting lagi, apakah rempahnya juga "berani"?

Nasi Lemak Ikan Bilis Goreng Rp 17.000

Sudah sering dimaklumi bahwa masakan Sumatra yang dijual di Jogja beradaptasi dengan lidah lokal. Tak hanya soal citarasa, tapi juga bumbu yang tak selengkap di daerah asalnya. Meski pertanian dan perkebunan di Jawa adalah yang paling maju tapi mungkin karena keterbatasan lahan membuat beberapa jenis bumbu atau rempah tidak muncul di pasaran. Kalaupun ada, hanya di warung-warung tertentu. 


Nasi Briyani Kari Daging Sapi Rp 33.000,-

Sedangkan di pasar-pasar Sumatra, penjual bumbu selalu berlimpah ruah dengan berbagai bumbu halus atau bumbu mentah packing. Memasak rendang misalnya, bukanlah pekerjaan berat disana meski harus nunggu lama karena bumbu tinggal dicemplungkan saja.

Setelah googling untuk mencari masakan Melayu di Jogja, ketemulah Rempah Asia yang berada di Jl Kaliurang.


Roti Canai Susu Coklat Rp 9.000

Kami datang di Rempah Asia sore hari, bukan jam makan, jadi sepi. Tapi bersama kami, ada pengunjung lain dengan logat Melayu, mungkin orang Malaysia. Kami memesan nasi briyani kari daging sapi, nasi lemak ikan bilis goreng, nasi lemak komplit, canai susu coklat, tea tawar, tea tarik dan asambol lime.

Tea tawar Rp 3.000, tea tarik Rp 11.000, asambol lime Rp 11.000.

Yang paling enak dan recommended adalah nasi lemak ikan bilis goreng meskipun lauknya tidak sebanyak nasi lemak komplit. Sayangnya nasi briyani kari daging sapi cukup lama kami tunggu. Untung nasi briyaninya menolong. Untuk minuman, asambol lime ini seger banget lo. Yang bulat-bulat itu buah asam.

Untuk harga sesuailah dengan sajiannya.

RM Rempah Asia
Jl. Kaliurang KM 6 No.21
Yogyakarta
Telpon 081 725 0170 / 0274 54722

Post a Comment

0 Comments