1.8.16

# DIY # Kuliner

Uji Kejujuran di Soto Ayam Pak Dalbe Jogja

Katanya sih soto ayam Pak Dalbe termasuk yang ngetop buat sarapan di Jogja, tapi saya justru barutau ketika diajak teman saya yang bukan asli Jogja. 

soto ayam pak dalbe jogja


Soto ayam Pak Dalbe yang dimaksud teman saya ada di Jl Jendral Sudirman Yogyakarta, sebelahan dengan Pizza Hut. Kiosnya sangat kecil, jadi kalau makan ya diatas trotoar. Tapi nggak lesehan kok, ada meja kursinya. Berhubung letaknya di daerah perkantoran, maka yang sarapan disitu kebanyakan mas dan mbak yang bekerja dikantor sekitarnya. Baru kemudian saya menemukan soto Pak Dalbe yang tempatnya lebih enak, jadi satu dengan resto ayam kremes di seberang TVRI Jl Magelang. Tapi entahlah ini cabangnya atau bukan.

Baca: Soto Bathok Mbah Katrok Sleman

soto ayam pak dalbe jogja

Soto ayam memang menjadi menu sarapan kegemaran warga Jogja karena segar berkuah dan murah. 

Meski demikian, bukan berarti bersaing dengan gudeg karena masing-masing punya penggemar sendiri-sendiri. Soal isi, rata-rata hampir sama, berupa kobis dan suwiran ayam. Kadang ada yang menambahkan lenthok, semacam perkedel ketela.

soto ayam pak dalbe jogja

Soto ayam Pak Dalbe yang di Jl Sudirman ini tidak beda dengan soto Jogja lainnya. Seger! Begitu pula dengan sate dan tempe goreng tepungnya. Bikin sarapan serasa makan siang, nggak sengaja nambah. Heheee.... Pelayanan disini cepat kok, jadi meskipun tempatnya ramai pengunjung tapi antrinya tak lama. Terlebih karena pembelinya banyak yang bekerja di kantor sekitarnya, maka mereka tidak berlama-lama duduk seperti wisatawan. Begitu selesai, segera membayar dan pergi.

Baca: Soto Sapi Bu Cip Jogja

Yang unik disini adalah kerupuk dan koran yang dicantolkan di pagar tanpa dijaga. 

soto ayam pak dalbe jogja

Jika membutuhkannya, tinggal uang di kaleng yang tersedia, lalu ambil kerupuk atau korannya. Di saat banyak kantin kejujuran di sekolah-sekolah yang bangkrut, disana sepertinya tidak masalah meskipun pengunjungnya sama sekali tidak dikenal.
Harga? Emmm... maaf tidak bisa kasih info. Saya ditraktir. Heheee....

Soto Ayam Pak Dalbe
Jl. Jendral Sudirman Yogyakarta
Telpon 08121556373

5 comments:

  1. Kamu mesti balik lagi dan tanya harga nya lho kak, aku kan penasaran regone

    ReplyDelete
  2. Nah itu dia, balik lagi coba cicipin yg di tempat lain Mba, trus tanya harganya, hehehe *ikut ngomporin*
    Buat aku, rasa soto seantero Indonesia itu cuma enak dan enak banget, plus seger. ^_^

    ReplyDelete
  3. Soto-soto di Jogja itu hanya ada 2, enak dan enaaak banget. haha.
    Jadi pengen nyoba sotonya pak Dalbe ini. sama dengan om Cumi, piro regane, Mak? :D

    ReplyDelete
  4. Wah jdi pengen nyoba deh. Kebetulan besok minggu ada rencana mau ke jogja. Mudah2an sempet ke sana😊 makasih infonya mbak

    ReplyDelete
  5. Cuma mau kasih info, harganya 12 k (ayamnya dipisah dan 10 k (ayamnya dicampur). Klo mau nambah sate 3 k/tusuk, gorengan 1 k/iris. Harga minuman tidak dicantumkan dan saya tidak beli minuman, jadi kurang tahu ya. ~sedang makan soto Dalbe di jl. Jend Sudirman

    ReplyDelete

Thank you for your comment. It will appear soon.