25.7.16

# DIY # Kuliner

Soto Bathok Mbah Katro Jogja

Soto Bathok Mbah Katro ini tepatnya di utara Candi Sambisari, Kalasan, Sleman.

soto bathok mbah katro jogja


Tapi kan wisatawan dari daerah lain tahunya Jogja, aja. Jadi begitulah judulnya. Tapi ini nggak jauh lo dari Jogja. Dari kota menyusuri Jl Raya Jogja - Solo, nanti ada belokan di kiri jalan. Lihat peta dibawah ya. Kalau dari arah barat, mendingan dari Ring Road Selatan ada belokan ke kiri lewat kampung-kampung kalau musim liburan. Di musim liburan, jalan Jogja-Solo biasaya sangat padat. Lebih mudahnya sih mengikuti plang ke arah candi Sambisari. Sebelum candi Sambisari, barulah ada plang menuju ke Mbah Katro.
Sebenarnya soto Mbah Katro itu tepat di utara candi Sambisari tapi jalannya tidak bisa dilewati mobil, hanya bisa dilewati sepeda motor atau jalan kaki. Untuk mobil ada petunjuk ke arah Mbah Katro lewat perkampungan. Ikuti saja.
Saya ke Mbah Katro pas rame-ramenya orang pada reunian. Tadi pesimis dong, tapi ternyata tak perlu khawatir sama sekali karena pelayanannya cepat, jadi pengunjungnya juga cepat berganti. Lagipula disana nggak ada free wifi jadi nggak ada yang cuek berlama-lama disitu download lagu.

Cara pesannya:

  • Datang, minta nomor sama yang jaga didepan. Waktu itu ibu-ibu sih. Sekalian pesan makanan dan minuman.
  • Cari tempat duduk dan letakkan nomornya.
  • Tunggu sebentar sampai ada mbak-mbak ramah yang mencari nomormu.
Praktis kan? Lebih cepat daripada cari tempat duduk dulu baru pesan. Pelayan nggak perlu kelamaan bolak balik.

Baca juga: Tebing Breksi Jogja

Sotonya seperti umumnya soto Jogja waktu sarapan. Seger! Tapi yang kamu nggak boleh melewatkan adalah tempe gorengnya. Itu wajib pesen yang banyak karena masih hangat dan crispy. Dua nggak cukup. Selain itu masih ada sate usus dan sate telur puyuh.

soto bathok mbah katro jogja

Harganya murah kok, paling selisih sedikit dari yang ada di kota. Tapi disini kan tempatnya jauh lebih enak. Pemandangannya juga bagus persawahan. 

Sebelum menjelajah candi Sambisari, Prambanan, Boko, Tebing Breksi, Candi Ijo dan lain-lain, mampir sarapan kesini pasti asik.

Soto Bathok Mbah Katro
Jl. Candi Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman, DIY
Telpon: 081392144526, 082136013072

3 comments:

  1. Rame banget yaaaa yg makan, wajib di coba nich

    ReplyDelete
  2. Wah baru tau ada kuliner ini juga toh.. btw harganya murah benget anjaaay. Cocok buat aa dan temen-temen aa yang berkantong pas-pasan kalo jalan-jalan ke luar kota haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saya sudah lama merantau di jogja baru tau. makasi info nya lumayan jadi refrensi kuliner dan harga nya bersahabat :)

      Delete

Thank you for your comment. It will appear soon.