18.7.16

# DIY # Kuliner

Suasana Ndeso Jadul Di Kopi Klotok Jogja

Rumah makan Kopi Klotok ini sebenarnya sudah hits lo, saya saja yang kudet alias kurang update.

kopi klotok jogja


Kami pergi ke Kopi Klotok karena diajak saudara. Kami berangkat sendiri-sendiri dan saudara saya itu cuma memberi petunjuk kalau dari Jogja kanan jalan, sebelum Rumah Sakit Pakem ada petunjuk ke arah Kopi Klotok masuk gang. Ikuti saja. Ternyata lebih mudah lagi pakai patokan sebelum SMP 4 Pakem yang terkenal itu ada gang, masuk.

Baca juga: Moro Lejar Cangkringan Jogja

kopi klotok jogja


Untungnya kami tidak tersesat karena banyak mobil menuju kesana padahal sudah bukan jam makan, sudah sekitar jam 15.00. Hanya saja sampai sana kami agak bingung masuk kebangunan yang mana karena ada yang baru dan ada bangunan gaya lama. Takut masuk ke rumah pemiliknya aja. Heheee.... Akhirnya kami masuk ke bangunan yang lama dan langsung sampai di dapur. Loh?

kopi klotok jogja

Rumah makan ini menggunakan konsep "anggap rumah sendiri" tapi bayar. 

Jadi kita bebas masuk ke dapur dan mengambil makanan sendiri. Disana sudah ada peralatan makan, nasi, sayur lodeh, sayur asem, tempe, tahu, telor dan ikan asin. Sebenarnya saya mencari nasi megono yang ada di daftar menu. Sayang sudah habis.
Untuk minuman harus pesan dan jangan lewatkan kopi klotok tentunya. Sore itu cukup semilir, jadi pas juga untuk pesan wedang jahe dan teh hangat. Tak lupa kami memesan pisang goreng yang masih hot dari wajan.

Baca juga: Tengkleng Gajah Jogja No 1 di Dunia

kopi klotok jogja


Rumah lama bergaya joglo itu diisi dengan furnitur lama pula. Di meja sudah tersedia gula jawa dan peralatan rokok linting. Gula jawa itu nantinya digunakan untuk minum kopi klotok jika kurang manis. Sedangkan cara membuat rokok linting itu mudah kok, seperti simbah-simbah dulu, hanya saja pakai kertas pembungkus, bukan klobot (daun jagung). Caranya hanya meletakkan tembakau di kertas pembungkus, lalu linting. Siap deh buat dinyalakan.

Jika membawa anak-anak bisa dibiarkan berlarian di teras atau halaman rumput didekat sawah. 

kopi klotok jogja

Kalau nggak musim liburan dimana banyak wisatawan, tempat ini enak buat berlama-lama ngobrol dengan teman-teman.
Soal harga, nggak mahal deh. Tapi totalnya saya tidak tahu, kan ditraktir. Heheheee.... Sedangkan rasa, persis masakan simbah-simbah didesa. Pedes-pedes lezat.

Nasi putih sepuasanya per orang  Rp 3.500,-
Sayur sepuasnya Rp 6.5000
Meski sepuasnya tapi nggak boleh dibungkus ya.
Pisang goreng se porsi Rp 6.500
Kopi klotok Rp 5.000

Warung Kopi Klotok
Jl. Kaliurang KM. 16, Pakem Binangun, Pakem, Sleman

2 comments:

  1. Hyaaah murahnyaa, wadah gorengannya itu lho Mak, khas banget ya.

    ReplyDelete

Thank you for your comment. It will appear soon.