Jogja SAE Seafood Dekat Stasiun Tugu

Mencari rumah makan bertema seafood itu sungguh sulit di Jogja. 

kepiting lada hitam jogja sae seafood
kepiting lada hitam

Lantaran pernah tinggal di Sumatra, standar saya untuk jenis ikan, kesegaran dan cara mengolahnya sangatlah tinggi. Belum ada rumah makan di Jogja yang bisa memuaskan saya. Rumah makan kebanyakan berkutat di lele dan gurami. Karena itu, saya terus melakukan pencarian terhadap warung seafood yang mantap.

Baca juga: Mangut Lele Asap Sorwit Keraton Yogyakarta

kakap saus tiram
kakap saus tiram

Jogja SAE ini saya temukan dari googling. Tak ada detil yang cukup tapi tak ada salahnya mencoba. Sae dalam bahasa Jawa berarti bagus. Entah apa maksud SAE disitu. Jogja SAE adalah warung tenda yang buka malam hari dan terletak di seberang stasiun Tugu Yogyakarta. Mobil bisa parkir kok meski sempit.

Daftar menu di warung ini tidak ada harganya. Wah, langsung curiga dong karena daerah ini masih sederet dengan Malioboro yang sering mendapat keluhan dari wisatawan yang kena kemplang warung tanpa daftar harga. Karena itu saya langsung mas-nya untuk tanya harga. Semua dijawab oleh mas-nya kok dan sepertinya semua harganya wajar.

kerang jogja sae seafood

Sayangnya saya membuat kesalahan fatal. 

Masnya bilang se-ons kepiting itu harganya Rp 27.000. Berarti 1 kg adalah Rp 270.000,- Saya langsung oke, tanpa membayangkan satu ons itu seberapa besar. Ternyata yang datang 7 ons yang berarti seharga Rp 189.000,- untuk 2 ekor kepiting. Itulah satu piring hidangan paling mahal dalam hidup saya. Makannya pun di kakilima Heheheee.... 
Tipsnya, ketika masnya nimbang kepiting, kita lihat saja berapa berat dan harga totalnya. Apakah 7 ons itu banyak atau sedikit? Jika cukupan, apakah harganya sesuai dengan budget? Kalau kita merasa keberatan, batalkan saja dan memilih menu lain yang lebih cocok di dompet. Konsensus kok ini, bukan jebakan. Jadi jangan pasrah aja.
cah kangkung jogja sae seafood

Untunglah family member lainnya bawa uang karena saya tidak prepared untuk membayar Rp 365.000 di warung kakilima. Jadi untuk membayar seluruh pesanan, kami patungan. Hahaaa....

Kepiting lada hitam 1 ons Rp 27.000, seporsi 7 ons Rp 189.000,-
Kakap saos tiram 1 ons Rp 13.000, seporsi 7 ons Rp 91.000,-
Cumi goreng tepung 1 porsi sedang Rp 27.500,-
Kerang rebus 1 porsi kecil Rp 20.000,-
Cah kangkung Rp 7.000,-
Nasi putih Rp 4.000,-
Es teh Rp 3.500,-
Es jeruk Rp 4.000,-

Soal rasa, yang paling saya rekomendasikan adalah kakap saos tiram.

Lezat sampai habis kepalanya. Ini juga seharusnya kita ikut milih. Karena walaupun satu ons cuma Rp 13.000, tapi yang saya dapat kebesaran bisa untuk ber-6, sedangkan kami hanya ber-4. Kalau pandai memilih menu, bisa ngirit sih dengan fokus di porsi-porsi besar begini.

Disini juga jual ayam kampung goreng tapi saya tidak memesan karena tujuan kesitu untuk seafood.

Jogja SAE
Jl P. Mangkubumi No. 10 Yogyakarta
Telpon 081328442232

Post a Comment

0 Comments