8.2.16

# DIY # Kuliner

Lesehan Di Angkringan Gareng Petruk KR Jogja

Kalau ada teman yang pengin angkringan, biasanya saya sarankan lesehan di Gareng Petruk Jogja.

Angkringan Gareng Petruk KR Jogja

Pertimbangannya karena letaknya di depan kantor Koran Kedaulatan Rakyat di Jl P Mangkubumi atau sekarang dikenal sebagai Jl Margo Utomo. Karena itu kadang lebih dikenal sebagai angkringan KR. Dari Tugu, teman-teman tinggal menuju ke selatan beberapa ratus meter. Masih ada beberapa angkringan terkenal di sekitar situ. Tapi lantaran teman-teman saya kebanyakan bersama keluarga, termasuk anak-anak kecil, tempat itu lebih lega. 
Meski begitu kalau di musim liburan tetap saja harus antri ya. Kalau tikar disana tidak cukup, teman-teman bisa ambil makanan dulu disitu, lalu membawanya lesehan di seberang jalan.

Angkringan Gareng Petruk KR Jogja

Angkringan Gareng Petruk berbeda dengan angkringan tradisional. 

Yang jelas, pilihannya sangat banyak. Teman-teman bisa memilih sendiri makanan yang disukai, lalu ke kasir untuk membayar. 
Jenis masakanan berupa berbagai macam nasi bungkus porsi kecil, misalnya nasi teri, nasi oseng-oseng dan sebagainya. Makanan khas daerah lain seperti nasi megono juga ada. Lauknya kebanyakan berupa sate dari berbagai macam bahan, seperti jamur, usus, paru, kerang, sampai bacem kepala ayam. Selain itu masih ada gorengan dan snack.

Untuk minuman, semua ada, termasuk kopi joss. Tapi kalau kesana, saya suka pesan es tape.

Angkringan Gareng Petruk KR Jogja

Soal harga, tentu saja lebih tinggi dari angkringan tradisional karena tempatnya strategis dan porsinya sedikit lebih banyak. 

Range harga untuk makanan (nasi atau sate) sekitar Rp 2.000 - Rp 3.500, sedangkan minuman sekitar Rp 5.000. Meski begitu totalnya akan banyak juga karena nggak nyadar main comot aja. Heheee.... Kasir juga memberikan struk, jadi tidak takut dithuthuk (harga dinaikkan suka-suka).
Selain itu, agak sulit untuk ngobrol santai berlama-lama disini karena banyaknya pengemis dan pengamen. Tapi bisa juga sih kalau cuek, tutup mata, tutup telinga. Kalau saya sih risi ya, lagi nikmatnya makan tiba-tiba di sebelah ada pengemis, masih sehat, jongkok minta uang.

Angkringan Gareng Petruk
Jl. Margo Utomo Yogyakarta


3 comments:

  1. ya ampun, kapankah ke jogja lg ?? udh pengen kulineran ajah liat di blognya Maklus *_*

    ReplyDelete
  2. wahhh harga terjangkau n maknyos tuh keqnya

    ReplyDelete
  3. Kenapa Jogja terus terkenang yaakkkk ..

    ReplyDelete

Thank you for your comment. It will appear soon.