Candi Mendut dan Buddhist Monastery Magelang

Candi Mendut dan Buddhist Monastery terletak dalam satu kompleks di Kecamatan Mungkid, Magelang.

candi mendut

Seperti halnya candi Borobudur, candi Mendut juga sering disalahsebutkan sebagai terletak di Jogja. Ini karena sebagaian besar wisatawan yang datang merupakan bagian dari paket wisata agen-agen perjalanan di Jogja. Daripada susah menerangkan, mereka memasukkannya dalam paket liburan Jogja. Lagipula jaraknya dari Jogja memang tidak jauh.

bagian dalam candi mendut

Candi Mendut seringkali masuk dalam daftar perjalanan sambil lalu. Ini karena tujuan utama wisatawan adalah ke candi Borobudur. Ukuran candi yang tidak sebesar Borobudur dan terletak di pinggir jalan, membuat orang cukup puas melihatnya dalam perjalanan menuju Borobudur. Kalau ada waktu, sempatkanlah untuk mampir kesini.

Baca juga: Candi Borobudur Magelang

Tempat parkir di kompleks ini tidak luas karena memang wisatawan tidak berlama-lama disini. Kompleks ini bisa dikelilingi dalam beberapa menit saja. Dari depan sudah banyak pedagang souvenir yang menghampiri. Tapi mereka nggak memaksa kok.

pohon bodhi candi mendut

Sebelum kompleks candi, kita akan melewati Buddist Monastery lebih dahulu. Wisatawan bebas melihat-lihat. Tapi ingat, biara ini tempat ibadah orang Budha, jadi kita harus menghormatinya, tidak boleh seenaknya. Jika ingin berfoto, ambil saja seperlunya, jangan kemayu selfie berlebihan disini, meskipun suasananya sangat menyenangkan, hijau, rapi dan bersih, pokoknya instagramable.

halaman dalam candi mendut

Candi Mendut yang bisa dilihat hanya satu. Di halaman masih ada tapak yang sedang digali arkeolog. Sayangnya disini tidak saya temukan guide. Waktu itu memang sepi dan jam istirahat siang, mungkin guide hanya ada di masa liburan, sedang istirahat atau memang nggak ada ya? Saya terbiasa mengajak guide jika berjalan-jalan ke tempat bersejarah karena esensinya kan mengetahui sejarahnya.

sleeping budha candi mendut

Sekitar halaman kompleks candi sangat bersih dan rapi. Ada pohon beringin besar yang mengingatkan pada pohon bodhi umat Budha. Masuk kedalam candinya tidak perlu susah payah seperti Borobudur yang besar, tinggi dan jauh dari parkiran.

kuil budha candi mendut

Didalam candi ada arca-arca. Jika melihat keatas, atapnya mengerucut, mengingatkan pada piramida. Padahal kalau dilihat dari luar kotak kan? Memang sih seperti limas, tapi kan tidak mengerucut. Untuk sejarahnya, teman-teman silakan googling saja ya.

Candi Mendut
Jl.Mayor Kusen, Mungkid, Magelang
Jawa Tengah 56512

Post a Comment

0 Comments