17.8.15

# Bantul # DIY

Soto Sawah Jogja Tapi Tidak Ada Sawahnya

Soto Sawah yang ngetop di Jogja ini ternyata tidak di tepi sawah. 

Soto Sawah Jogja

Tapi mungkin jaman dulu memang ada sawahnya ya? Orang Jogja jaman dulu malah mengenalnya sebagai soto alas. Mungkin dulu memang masih penuh dengan pepohonan, lalu berubah menjadi sawah, kemudian terkenal dengan nama Soto Sawah. Nah berhubung sekarang sudah berada ditengah daerah yang dipenuhi rumah dan toko, jangan terkecoh mencari lokasi ditengah sawah. Nama Soto Sawah dipertahankan karena orang sudah telanjur mengenal nama tersebut.
Meski demikian, baru tadi lah saya kesana. Hahahaaa....

Entahlah, terlalu banyak soto enak di Jogja jadi bingung mau yang mana duluan. 

Soto Sawah Jogja

Akhir-akhir ini soto memang mengambil alih posisi gudeg sebagai pilihan sarapan masyarakat Jogja.
Lokasi Soto Sawah berada diluar kota Jogja, tapi tidak sulit mencarinya. Meskipun alamatnya di wilayah Kasihan, Bantul, tapi paling mudah dicari dari arah Jl Godean. Rutenya, dari kota, ambil Jl Godean. Di perempatan Mirota Godean belok kiri, jalan terus sampai melewati rel kereta api. Soto Sawah tak jauh dari rel tersebut, di sebelah kiri jalan. 
Bangunan warung soto ini biasa saja. Yang menandakan kepopulerannya adalah parkiran yang selalu ramai, terutama pada jam sarapan. Jika ingin makan dengan santai, datanglah agak siang, sekitar jam 09.00-10.00 ketika orang-orang sudah selesai sarapan.
Di masing-masing meja sudah tersedia kerupuk dan macam-macam aksesoris soto, yaitu perkedel kentang, tempe dan tahu goreng, tempe dan tahu bacem, telor puyuh, serta kerupuk. Sambil menunggu soto terhidang, bisa ngemil dulu deh. Tapi menunggunya nggak lama kok, cepet saja langsung nongol deh sotonya. 
Soto Sawah Jogja

Ada dua pilihan soto, yaitu soto ayam dan soto sapi. 

Meskipun harga daging sapi sedang selangit, tapi kami pilih soto sapi. Kami memang penggemar soto sapi.
Rasa soto sapi disini tak beda dengan warung soto populer lainnya, segar dengan kuah bening. Pilihan yang sesuai untuk sarapan sambil jalan-jalan di seputar Godean.
Soal harga? Murah kok, Rp 9.000 saja untuk semangkok soto sapi dengan nasi. 
Soto Sawah
Jl. Soragan, Ngertiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta

5 comments:

  1. kalo aku mending milih soto sapi aja :)

    ReplyDelete
  2. untuk harga 9000 menurut saya terjangkau banget, jadi pengen deh nyobati soto yogya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh salah ngetik mksdnya pengen nyobain soto yogya hehe

      Delete
  3. baru tau kalo sekarang jogja juga didominasi sama soto:3

    ReplyDelete

Thank you for your comment. It will appear soon.