19.8.15

# DIY # Kuliner

Malam-malam ke Sate Karang Kotagede Jogja

Kalau lapar malam-malam di Jogja, asik juga ke sate karang Kotagede.

sate karang kotagede jogja

Sate karang adalah sate sapi yang dijual di lapangan Karang Kotagede yang terkenal dengan kerajinan peraknya itu. Ada beberapa penjual sate sapi seputar Kotagede. Orang Kotagede sendiri lebih suka ke sate sapi yang ada di dekat pasar Kotagede karena di emperan toko, jadi praktis parkir motornya. 

Bagi wisatawan, lapangan Karang lebih nyaman daripada yang di pasar karena selain parkirnya lebih mudah, juga bisa selonjoran lesehan dan berlama-lama ngobrol. 

Meski demikian, kadang kenyamanan terganggu dengan orang-orang yang sepakbola malam-malam (gagal paham) atau yang lagi belajar mengendarai di lapangan tersebut. Selain berisik, juga debunya beterbangan. Tapi jarang kejadian kok.
sate karang kotagede jogja

Sate Karang hanya buka malam hari. Rute kesini dari Jogja agak sulit bagi yang belum pernah sama sekali kesini. Jadi rajin-rajin bertanya saja, pasti ketemu. Yang jelas dari arah kota bisa lewat XT Square ke timur masuk Jl Ngeksigondo, setelah jembatan kali Winong  masuk Jl Pangeran Romo, terus sampai ketemu lapangan tersebut. Jika lewat Gedong Kuning, lurus saja ke selatan, lalu bisa belok kanan masuk Jl Ngeksigondo di pertigaan sebelum masuk plang "Selamat Datang di Kotagede", atau lurus saja masuk plang tersebut sampai ketemu RS PKU Muhammadiyah Kotagede, lalu belok kanan sampai ketemu lapangan tersebut.

Sate Karang ini cuma buka malam hari. 

Di hari biasa, kita bisa kesana agak larut dan "ngisis" menikmati udara malam. Tapi di musim liburan, jam 21.00 aja kadang sudah habis. 
Sate Karang komplit terdiri dari seporsi sate sapi yang empuk dan seporsi lontong sayur terik tempe. Boleh pesan salah satunya atau tidak komplit. Menurut saya sih, kalau nggak komplit nggak afdol, sudah paket enaknya. Heheheee...
sate karang kotagede jogja

Lebih asik lagi minumnya wedang ronde.
Harga beberapa bulan lalu seporsi komplit sate karang Rp 35.000,- tapi entah sekarang ketika daging sapi selangit begini. Sedang harga wedang ronde Rp 5.000,- dan es teh Rp 4.000,-.
Sate Karang
Jl Nyi Pembayun, Kotagede, Yogyakarta

5 comments:

  1. satenya yg menggiurkan banget makkkk

    ReplyDelete
  2. Pengen deh lihat sate. Lontongnya juga bikin ngiler :)

    ReplyDelete
  3. artikelnya bagus, ijin share di http://ksmtour.com ya, terima kasih

    ReplyDelete

Thank you for your comment. It will appear soon.