5.7.13

# DIY # Kuliner

Sate Buntel Pak Parto Kaliurang

Sate buntel, tahu telur, sate ayam, tongseng
Di sekitar Taman Bermain Kaliurang banyak sekali penjual makanan, baik kaki lima warung kecil maupun rumah makan yang agak besar. Rumah makan Pak Parto ini termasuk agak besar di kawasan Kaliurang. Letaknya di belakang Taman Bermain, sehingga jalanannya tidak terlalu ramai, karena bukan rute utama menuju Telogo Putri. Rumah makan ini sudah menjadi langganan keluarga sejak jaman dulu karena kebetulan keluarga besar mendapatkan tinggalan sebuah villa didepan Taman Bermain. Sebenarnya ada satu lagi warung nasi buntel langganan kami dan sebenarnya lebih enak. Sayangnya, belakangan pemilik warung
membiarkan anjingnya berkeliaran didalam warung, sehingga kami yang muslim merasa tidak nyaman.

Sate buntel adalah cacahan sate kambing yang dibungkus dengan lemaknya. Lemak disini bukan gajih yang tebal itu, melainkan lembaran transparan. Aroma lemak yang menempel ke daging kambing sangat menggugah selera. Supaya citarasanya tidak hilang, sate buntel lebih sedap dimakan dengan kecap saja, tak perlu macam-macam saus, seperti saus kacang.
Pilihan istimewa lainnya adalah tahu telur. Hidangan ini disajikan dengan saus kacang. Rasanya gurih.
Ampyang
Selain dua hidangan yang selalu kami pesan itu, ditawarkan pula berbagai menu lain yang umum kita jumpai, tapi saya tidak pernah pesan lainnya, jadi tidak bisa komentar. Harganya termasuk tidak mahal dibandingkan  sedapnya hidangan. Selama menunggu hidangan disiapkan, enak juga menunggu sambil ngemil ampyang.

1 comment:

Thank you for your comment. It will appear soon.