28.3.13

# Kuala Lumpur # Malaysia

Petrosains Kuala Lumpur

Percobaan kecepatan bola
Petrosains ini terletak di kompleks KLCC, Kuala Lumpur, Malaysia. Jadi jika ke KLCC gunakan waktu seharian untuk beberapa venue sekaligus disana. Dari jalan Bulan, Bukit Bintang, tempat saya menginap, banyak pilihan untuk sampai di KLCC. Berangkatnya saya memilih taxi dari depan hotel karena masih pagi, malas jalan, lagipula perut sedang full sehabis sarapan. Pulangnya saya menggunakan bis GO KL, gratis! Heran juga sampai ada bis gratis begitu ditengah kota. Biaya operasionalnya bagaimana ya?
Pengukuran kekuatan tangan
Petrosains ini terletak di lantai 4 gedung Suria Mall. Otomatis bukanya menurut jam buka mal yaitu jam 09.30. Kalau Suria Mal sendiri pagi-pagi sekali sudah buka meskipun toko-toko didalamnya belum buka. Saya nunggu buka Petrosainsnya ya cuma foto-foto

dan duduk-duduk aja sih, karena toko-toko didalam Suria Mal banyak yang merk internasional. Mau masuk aja nggak pede, udah jelas uang saku gak cukup dan sudah bersumpah tidak akan menggunakan kartu kredit. Padahal di lobi ada kios yang sedang menjual tiket F1 Sepang. Saya cuma lewat-lewat saja sih, hehehee....
Petrosains ini bersebelahan dengan Sultans of Science, yang berisi ilmu pengetahuan dunia Islam. Petrosains lebih terkenal dibandingkan dengan Sultans of Science, karenanya pengelola menawarkan tiket kombo harga diskon. Tapi karena jam 12.30 saya harus sudah check in untuk naik ke Puncak Twin Tower Petronas, maka diputuskan hanya ke Petrosains saja.
Membuat design batik sendiri
Seperti diseluruh komplek KLCC, disinipun para petugas masih muda, sangat ramah, penuh senyum dan helpful. Penting untuk diketahui, Petrosains tutup di hari Senin untuk maintanance, sama seperti di Twin Tower Petronas. Jam buka 9.30am-5.30pm dengan pendaftaran terakhir jam 04.00pm. Tiket untuk dewasa RM25, remaja RM20, anak-anak RM5, manula RM8, sedangkan bayi gratis. Untuk bayi disediakan baby stollers dan nursing room. Petugas mempersilakan satu orang saja untuk mengantri, sedangkan lainnya dipersilakan ke bilik pameran yang diadakan oleh para mahasiswa.
Live show
Begitu masuk langsung serem karena naik kereta yang bisa berputar-putar mengikuti layar dan narasi tentang jaman purba. Kebanyakan anak kecil nangis sih, karena takut, tapi nggak lama kemudian bisa menikmati. Asik deh. Setelah itu kita masuk ke gedung Petrosains dan menikmati berbagai alat peraga. Mirip seperti Taman Pintar di Jogja, hanya saja koleksi lebih lengkap, gedung lebih luas, atraksi lebih banyak, dan petugas yang jauh lebih ramah. Kok bisa ya? Padahal katanya orang Malaysia suka meremehkan orang Indonesia? Padahal katanya kita bangsa yang ramah? Padahal orang Jogja.... ah sudahlah, kembali ke topik!
Langsung minum dari keran
Peragaan yang sempat dicoba banyak sekali ya, sampai tidak bisa mengingat semua. Antara lain masuk ke bilik kecil lalu berusaha bertahan dihembus angin yang makin lama makin kencang, mangkuk gema, simulasi gempa bumi, membuat design batik sendiri, percobaan volcano, ruang interaktif, percobaan kecepatan bola, pengukuran kekuatan pukulan, simulasi mobil F1 dan masih banyak lagi. Entah mengapa untuk permainan ketangkasan tangan diberi nama Batak Pro. Di ruang khusus tentang minyak alias petro, ada dinosaurus ngerap. Saya ngerap juga dong, heheheee.... Disini juga ada ruang 3D yang menurut saya malah lebih asik dibandingkan dengan teater 4D di Genting Highlands. Untuk masuk ke semacam kapsul pesawat ini harus membayar lagi. Tidak semua fasilitas yang cukup banyak ini saya coba karena sudah melirik jam untuk ke Twin Tower Petronas.
Bas GO KL gratis
Keluar gedung dengan cara sama, naik kereta yang bisa berputar 360 derajat. Hanya saja kali sudah tidak gelap lagi karena bukan jaman purbakala. Digambarkan Malaysia berada di jaman kejayaan dengan foto-foto wajah dari berbagai etnis, usia dan profesi. Recommended untuk keluarga.

2 comments:

  1. Thank you ya, infonya berguna sekali :) Saya bulan depan mau ke KL juga.

    ReplyDelete
  2. Waah, pas banget mau ke KL dan lagi nyusun jadwal kegiatan. Kalo bawa baby 11 bulam kira2 cocok gak ya ke sini?

    ReplyDelete

Thank you for your comment. It will appear soon.