19.11.11

# Jawa Tengah # Magelang

Taman Badakan Magelang

Taman Badakan terletak di Jl. Ade Irma Suryani Magelang. Jika anda menuju Semarang dari arah Jogja lewat dalam kota, pasti akan melewati Taman Badakan. Sebenarnya menurut saya, Taman Badakan kurang pas disebut taman. Tempat ini tidak terawat, panas, dilengkapi beberapa patung hewan temasuk badak.
Dulunya ini tempat makan bakso yang enak. Baksonya hanya satu
sebesar bola tenis, sudah pasti kenyang satu porsi saja. Namanya saya lupa, tapi letaknya persis didepan Museum Sudirman. Rupanya banyak orang melihat peluang untuk berusaha ditempat ini, maka tempat ini sangat ramai seperti sekarang. Penjual bakso tidak hanya satu tapi banyak. Tempat yang dulu akhirnya menyempit. Selain itu ada pula yang berinovasi sehingga disini dikenal pula bakso kerikil. Saya belum pernah mencoba. Geli sih melihat kecil-kecil gitu. Hehehee….
Saya ke Taman Badakan hanya jika mudik Lebaran saja, setelah bosan makan ketupat. Itupun karena warung lain belum banyak yang buka. Saya sendiri kurang suka karena tempatnya kotor. Selain itu saya sensitive msg. Bakso disini menggunakan msg berlebihan. Pelengkap bakso adalah gorengan dan kerupuk pothil. Pothil itu bahasa Jawa, artinya patah. Mungkin saking kerasnya, kerupuk ini bisa mematahkan gigi orang. Hahahaaa…. Tapi jika dicelupkan ke kuah bakso rasanya lumayan dan yang pasti lebih empuk.
Sayang walikota tidak punya rencana untuk menata para penjual bakso ini. Walikota bisa menuntut kebersihan pada para penjual karena ini adalah taman kota, milik publik. Selain itu, walikota bisa menata tempat jualan agar lebih sedap dipandang mata selayaknya taman, bukannya terpal warna warni pating tremble (Aduh, bahasa Indonesianya apa ya?) seperti sekarang ini.
Didalam taman sendiri berjubel orang berjualan atau menyediakan mainan anak. Ada gelembung sabun (sebul-sebulan), kemudi putar mini, odong-odong, mandi bola, mobil-mobilan baterai, balon, mincing ikan-ikanan plastic, pokoknya macam-macam. Bagi anak-anak sih ini surga, tinggal bagaimana cara mereka memeras orangtua mereka. Hihihiii… Tapi bagi saya, suasananya sangat semrawut dan gerah. Sama sekali tidak nyaman selayaknya sebuah taman kota.
Didepan Taman Badakan terdapat Museum Sudirman. Sayang sekali saya belum pernah masuk ke tempat yang sangat bersejarah ini, karena belum ada kesempatan untuk kesana di hari kerja. Mungkin museum bisa agak fleksibel untuk buka dihari libur pada jam tertentu agar bisa menjadi tempat alternative liburan selain ke mal.

3 comments:

  1. Salam kenal Mba...saya dari Magelang lo, tapi belum pernah jajan di Taman Badakan :) Habis baca tulisan ini langsung ngacir kesana ahhh...

    ReplyDelete
  2. Hai Tyas, salam kenal juga. Tapi tempatnya agak kotor dan kadang terlalu ramai dengan anak kecil. Baksonya yang enak :D

    ReplyDelete
  3. ini tempat favoritnya ponakan selain alun-alun magelang,, tapi saya belum pernah ke sini sih mak,, insyaallah pas mudik besok lah,, :)

    ReplyDelete

Thank you for your comment. It will appear soon.