25.10.11

# DIY # Kuliner

Gudeg Sagan Jogja


Alamat: Jl. Herman Yohannes 53 Jogja. Telpon (0274) 7443035. Website: http://www.gudegsagan.com/
Sudah pernah makan gudeg Jogja? Suka? Sebenarnya ada bermacam-macam versi gudeg. Tapi pada umumnya terbagi menjadi dua, yaitu gudeg asat (kering) seperti di Jogja dan gudeg yang teles (basah) yang terdapat di daerah-daerah sekitar Jogja, seperti Solo dan Magelang. Itu bukan istilah resmi, tapi hanya yang biasa digunakan orang-orang didaerah tersebut untuk memudahkan saja.
Gudeg Jogja umumnya tidak berkuah, makanya orang-orang menyebutnya garing, walaupun tidak benar-benar kering. Warna gudegnya coklat kemerahan, yang didapat dari daun jambu klutuk. Biasanya dipadu dengan opor ayam atau telur dan sambel goring krecek. Sambel goreng kreceknya juga kering, sementara opornya mblondho atau berkuah santan yang kental dan gurih. Dengan nasi panas, gudeg ini sangat nikmat.
Namun ada juga yang kurang menyukai gudeg Jogja karena dirasa terlalu manis dan kering. Gudeg Sagan menyajikan pilihan yang lain dari gudeg Jogja, yaitu gudeg teles yang lebih berkuah. Di gudeg teles, warna sayur nangkanya hanya coklat muda saja tidak sampai coklat kemerahan. Gudeg teles memberi citarasa yang lebih gurih dan tidak eneg.
Selain menyajikan gudeg yang teles, rumah makan ini berbeda dengan warung gudeg lain yang biasanya memadukan dengan tempat yang sederhana atau bernuansa tempo dulu.
Rumah makan Gudeg Sagan ini menempati bangunan modern, sehingga wajar saja jika anda terlewat jika mencarinya wkwkwkww…. Namun mencarinya cukup mudah. Jika dari arah Galeria, maka letaknya beberapa puluh meter sebelum pom bensin Sagan.
Jika anda berkesempatan makan di Gudeg Sagan, pilihlah kursi yang berada diluar, karena suasananya enak untuk berlama-lama makan sambil menikmati suasana jalan Herman Yohannes yang padat. Dimalam hari juga disuguhkan live music dan anda bisa request lagu. Harga termasuk murah, meski saya lupa berapa persisnya. Rasanya juga enak. Selain itu, mungkin ini satu-satunya penjual gudeg yang punya website.

No comments:

Post a Comment

Thank you for your comment. It will appear soon.