16.9.11

# DIY # Yogyakarta

Kopitiam Oey Jogja milik Pak Bondan


Isj Koffie Indotjina
Alamat: Jl. Wolter Monginsidi 19 Jogja. Telepon: 0274 – 565800.
Penggemar kuliner mana yang tidak kenal dengan pak Bondan Winarno? Bapak-bapak yang hobi jalan-jalan wisata kuliner ini, lidahnya dipercaya sebagai perasa handal oleh para pecinta kuliner. Akan aneh jika beliau tidak sekalian punya restoran juga. Nah, beliau memiliki restoran yang bernama Kopitiam Oey dengan moto Koffie
Mantep Harganja Djoedjoer.
Isj Koffie Sicilia
Nama Oey pernah saya lihat di TV bukanlah lantaran beliau keturunan Tionghoa, melainkan plesetan dari Wi(narno). Oey jika dibaca dilafalkan seperti Wi. Kopitiam sendiri di Sumatra lazim untuk menyebut warung kopi. Beliau membuka beberapa cabang KTO (Kopitiam Oey) di beberapa daerah bekerjasama dengan pengusaha tempatan. Menu-menunya juga perpaduan antara ciri khas KTO yang berbau jaman kolonial dan menu tempatan.
Milo Dinosaurus
Meskipun di KTO Jogja juga terdapat menu khas setempat seperti gudeg manggar, namun saya sengaja memesan khusus yang khas KTO. Yang khas Jogja bisa saya dapatkan di tempat lain.
Karena saya penggemar kopi, yang pertama saya pesan adalah kopi yaitu Isj Koffie Indotjina and Isj Koffie Sisilia (maaf kalau salah tulisan). Yang menarik adalah Isj Koffie Indotjina yang maksudnya adalah es kopi. Uniknya adalah dalam penyajian, seperti kopi saring, dibiarkan menetes dengan alat khusus. Kita bisa mengatur sendiri rasanya dengan membiarkan berapa banyak kopi yang menetes diatas susu kental manis. Sedangkan Isj Koffie Sisilia itu kopi cream yang manis dan dingin.
Kroket Holland
Menurut saya juaranya justru Milo Dinosaurus karena rasanya yang kental, manis creamy dan dingin.
Waktu itu saya tidak memesan makanan berat, fish and chips, kroket Holland and beef Panini. Kroketnya enak tapi cuma sedikit. Sedangkan beef panini-nya juga enak dan porsinya besar.
Beef Panini
Fish n Chips
Soal harga, mesti curiga ya bakalan mahal karena Pak Bondan terkenal. Harganya memang tidak murah, tapi juga tidak mahal dibandingkan dengan cita rasanya. Sayangnya bon saya hilang dan saya tidak bisa mengingat semuanya. Tapi menurut saya reasonable.

No comments:

Post a Comment

Thank you for your comment. It will appear soon.