22.8.11

# Pekanbaru # Riau

RM Ny Suharti Pekanbaru

Ayam goreng, rempelo ati, gudeg krecek
Alamat: Jl Riau Pekanbaru
Rumah makan Ny Suharti pusatnya berada di Jogja. Di Jogja setahu saya ada dua, yaitu di Jl. Adi Sucipto dan di Gedong Kuning. Dulu pernah ada perselisihan kepemilikan karena pasangan suami istri yang menjadi pemiliknya bercerai. Keduanya mengklaim sebagai pemilik sah. Namun apa daya, rumah makan itu sudah telanjur terkenal dengan nama Ny
Suharti. Akhir kisahnya saya tidak tahu. Kabarnya dua-duanya sama-sama membuka rumah makan sendiri-sendiri dengan nama Ny Suharti.
Bagi warga Pekanbaru yang kangen dengan masakan Jawa, khususnya masakan Jogja, bisa berkunjung ke RM Ny Suharti di Jl Riau, dekat dengan Pasar Buah 88. Menunya sama dengan yang ada Jogja, yaitu utamanya ayam goreng, ditambah menu lain seperti gudeg, cah kangkung, karedok, dan lain-lain. Saya tidak begitu hafal karena yang saya pesan selalu ayam goreng dan gudeg.
Citarasa ayam goreng disini sama dengan yang di Jogja, yaitu gurih, lengkap dengan tepung taburnya yang sangat crispy. Tulanganya juga sama empuknya. Sedangkan gudeg disini adalah gudeg kering seperti yang banyak terdapat di Jogja. Rasanya lumayan, tidak beda jauh dengan gudeg yang ada di Jogja. Kalau ada yang beda adalah nasi putih yang mengikuti kesukaan warga setempat yang menyukai nasi yang kering bukan nasi yang pulen seperti kebanyakan orang Jawa. RM ini juga menerima pesanan tumpeng.
Yang unik adalah foto-foto presiden Suharto dan ibu Tien yang tertempel didinding. Rupanya mantan presiden tersebut sangat berkesan bagi pemilik RM ini. Saya tidak tahu apakah pemilik RM Ny Suharti itu si suami atau si istri.
Harga makanan disini cukup masuk akal, kecuali harga minuman. Menurut saya, harga minuman disini terlalu mahal.

No comments:

Post a Comment

Thank you for your comment. It will appear soon.