26.8.11

# Bantul # DIY

Ikan Pantai Depok Jogja


Wisata kuliner dengan bahan ikan termasuk langka di Jogja, paling banter lele. Namun jika anda punya banyak waktu, datanglah ke pantai Depok. Letak pantai Depok terletak di deretan pantai Parangkusumo yang menyambung ke pantai Parangtritis. Tepatnya, berbeloklah kekanan tepat sebelum pintu gerbang Parangtritis dari arah Jogja.
Pantai Depok ini sangat curam dan sangat panas, sehingga tidak cocok dan bahaya untuk bermain-main. Namun itu
tidak menghalangi warga setempat untuk mengambil manfaat dari pantai tersebut. Disepanjang pantai didirikan warung-warung yang menghadap ke laut sehingga pengunjung bisa duduk ditempat yang rindang sambil memandang pantai dan minum es kelapa muda.
Namun jika anda berniat makan, pilihlah warung yang tidak menghadap laut tapi yang posisinya agak jauh dari bibir pantai. Sebab warung-warung yang menghadap pantai agak kotor ter kena pasir laut yang tertiup angin. Warung-warung disini umumnya sederhana, pilihlah yang bersih.
Menu di warung-warung tersebut tidak banyak variasi karena dimasak ala desa setempat. Pilihannya seputar bakar, goreng dan kadang-kadang asam manis. Ikan yang tersedia tidak sama tiap hari, tergantung tangkapan nelayan. Namun jika anda ingin menambah suasana ceria, anda bisa memilih dan membeli sendiri ikan di semacam pasar ikan yang ada di lokasi tersebut. Anda hanya perlu membayar biasa memasak pada pemilik warung.
Justru karena ikan-ikan di pantai Depok dimasak dengan cara sederhana, rasanya malah lebih nikmat karena citarasa ikannya tidak hilang. Tapi dengan cara masak yang seperti itu, saya rasa harganya agak mahal.
Selain itu, masih ada mbak-mbak penjual peyek jingking, peyek rebon, sate udang goreng, sate kepiting goreng dan peyek-peyek lain. Harganya saya lupa, tapi seingat saya cukup murah.

No comments:

Post a Comment

Thank you for your comment. It will appear soon.