Hotel Grand Cempaka Jakarta Pusat ****

Hotel Grand Cempaka Jakarta Pusat. Bintang 4.
Alamat: Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Telp: 021 426 00 66
Apa yang anda lakukan jika berasal dari kota kecil, sedang berada di kota besar, kemalaman, tidak reservasi hotel, sewaktu peak season? Selama handphone anda bisa browsing, ada baterai dan ada pulsa, jangan panik.

Waktu itu saya dan rombongan sedang dalam suatu acara dan sudah berencana untuk menginap di Jakarta. Namun karena jadwal tidak pasti, dan posisi terakhir sebelum tidur juga tidak dapat dipastikan padahal Jakarta sedemikian luas, maka saya langgar aturan saya sendiri, yaitu reservasi hotel sebelum berangkat ke kota tujuan. Maka saya harus membayarnya dengan sejumlah kerepotan ditengah rasa capek dan kantuk.

Waktu itu sudah menunjukkan pukul 21.00 dan posisi kami ada di Jakarta Utara dan memutuskan untuk menyudahi acara hari itu. Kami memutuskan untuk mencari hotel disekitar sana dengan pertimbangan dekat dengan Ancol jadi besok siangnya bisa main ke Ancol.

Default kami jika no clue adalah hotel Ibis, karena room rate-nya tidak terlalu tinggi dan fasilitasnya standard. Sesampainya di hotel Ibis, kami sungguh kaget karena parkiran penuh bis dan di lobby penuh dengan rombongan entah dari mana. Ternyata momen-nya pas dengan Pekan Raya Jakarta. Meskipun saya tahu itu musim liburan sekolah, namun saya tidak mengantisipasi PRJ yang bisa membuat hotel sekitarnya penuh oleh peserta maupun pengunjung. Jelas tidak ada kamar lagi.

Saya-pun kembali ke mobil dan mulai browsing hotel sekitar dan menelpon 108 untuk menanyakan hotel yang saya temukan. Dalam kondisi demikian, mendatangi hotel satu persatu hanya akan membuang tenaga saja. Semua hotel berbintang di kawasan itu termasuk yang didalam Ancol penuh. Satu-satunya jalan adalah browsing hotel di bagian Jakarta lain, tapi tentunya tidak terlalu jauh dari situ karena kami sudah kelelahan. Akhirnya kami mendapat kamar di Hotel Grand Cempaka.

Lantaran tidak terlalu mengenal Jakarta dan dimana-mana macet, kami masuk hotel sekitar jam 23.30 dan langsung masuk kamar, tidur! Kamar cukup luas dan nyaman, namun sayangnya saya tidak terlalu memperhatikan saking capeknya. Sayangnya juga ketika bangun pagi, kami tidak sempat lagi menikmati fasilitas hotel karena akan segera melanjutkan perjalanan. Kami hanya sempat sarapan. Menunya standard hotel bintang 4, tidak ada yang khas yang tidak saya temui di hotel lain, tapi cukup generous. Kami kenyang.

Nah, ketika check out, barulah kami sadari ternyata yang menginap disana kebanyakan para pegawai, mungkin sedang dinas atau seminar. Keluarga nyaris tidak ada. Meski begitu, proses check out sangat lama karena harus menunggu antrian para pegawai atau pejabat itu yang didahulukan karena terikat schedule kerja. Selain check out yang cukup lama itu, tidak ada kekurangan berarti. Bell boy semuanya ramah meski kami datang dengan bawaan yang cukup banyak dan berantakan karena tidak ada waktu untuk menata dalam tas-tas.

Untuk room rate, standard sesuai dengan fasilitasnya. Sekitar Rp 500,000 sekian.

Post a Comment

0 Comments