28.7.11

# DIY # Kuliner

R & B Grill Jogja

Alamat: Jl. Wolter Monginsidi, Yogyakarta.
Ketika melihat Pak Bondan makan steak Hotel di Jakarta, yang dimasak medium, saya teringat pernah makan steak dimasak medium di Yogya. Rekomendasi steak terenak di Yogya, saya dapat dari Pak Bondan juga melalui twitter. Menurut Pak Bondan steak terenak di Yogya adalah di R&B Grill.
R&B Grill sepintas tidak menyerupai sebuah restoran. Ini adalah bekas rumah jaman kolonial yang disulap menjadi supermarket khusus bahan-bahan steak diruang tamunya, sedangkan restoran menempati halaman samping dan belakang rumah. Interiornya sederhana saja dengan lampu remang-remang, bahkan tempat duduknya ada yang serupa lincak kayu (kursi panjang). Pelayanannya sangat ramah dan sopan.
Semua menu steak dan salad ala Eropa ada disini. Taste-nya Eropa, tidak dikombinasi dengan selera lokal. Maka jika anda anda pesan salad tertentu, jangan kaget yang datang benar-benar sayur hijau, ditambah parutan keju dan siraman olive oil. Tidak ada saus kental berlebihan seperti umumnya salad Indonesia. Tapi jangan khawatir, rasanya enak, tidak aneh di lidah.
Saya mencoba steak yang dimasak well-done dan medium. Yang dimasak well-done rasanya enak, sausnya juga pas dilidah. Porsinya cukup besar untuk orang dewasa. Ditanggung kenyang. Menurut Pak Bondan, untuk mengetahui kualitas daging sebenarnya, pesanlah yang dimasak medium. Saya tahu, yang namanya dimasak medium itu bukan setengah matang tapi setengah mentah dengan daging yang masih juicy, agak berair. Selama ini saya selalu pesan well-done dan inilah percobaan pertama saya memesan steak yang dimasak medium. Penampilan awalnya memang mengundang selera, begitupun suapan-suapan awal. Namun suapan berikutnya ketika menyentuh daging bagian dalam yang masih merah itu, saya mendadak eneg. Tentu saja bukan karena daging itu tidak enak, tapi lantaran tidak terbiasa makan daging mentah.
Untuk harga, mungkin agak berat untuk kantong kita, tak apa asal tidak terlalu sering, sekitar Rp 100.000 – Rp 150.000 per orang. Tapi dibandingkan porsi, kualitas bahan dan penyajian, saya kira cukup sepadan.
www.burselfwoman.com 30 Oktober 2010

No comments:

Post a Comment

Thank you for your comment. It will appear soon.