21.5.11

# Kuliner # Pekanbaru

Festival Vegetarian Pekanbaru

Festival Vegetarian sudah beberapa kali diadakan di Ciputra Mal Seraya, Jl Riau, Pekanbaru. Festival vegetarian kali ini diselenggarakan oleh IVS (Indonesia Vegetarian Society) yang juga anggota Interntional Vegetarian Union. Kita sering menghubungkan kebiasaan atau gaya hidup vegetarian dengan agama Budha, padahal vegetarian sudah dikenal luas dikalangan ahli gizi sebagai gaya hidup sehat, namun sosialisasinya kurang meluas.

Seseorang, diluar penganut agama Budha, menjalani gaya hidup vegetarian umumnya karena dua alasan, yaitu karena terpaksa tidak punya uang dan untuk diet. Diluar itu, kebanyakan tidak peduli dengan menu vegetarian. Kita makan apa yang ada saja, tanpa melihat keseimbangannya. Misalnya karena sibuk, sering makan di restoran fast food yang hanya menyediakan ayam goreng tepung tanpa sayur. Rumah makan Padang, meskipun bukan fast food juga belum tentu sehat, karena yang diutamakan adalah nasi dan lauk berupa daging, ayam atau ikan, tanpa menambahkan sayur yang memadai.



Keengganan mengikuti gaya hidup vegetarian juga diakibatkan oleh anggapan bahwa menu vegetarian itu membosankan dan tidak variatif. Festival Vegetarian tersebut membuktikan bahwa semua menu masakan bisa dibuat vegetarian. Sebagai pengganti daging, ada bahan yang dinamakan gluten, terbuat dari tepung dan air. Dengan kepandaian mengolah masakan, gluten ini dapat berasa daging dan lezat untuk burger. Dalam festival tersebut, nyaris semua jenis makanan yang banyak beredar di Pekanbaru bisa dibuat vegetarian, antara lain burger, soto Padang, nasi pelangi, nasi rames, empek-empek, sate dan sebagainya.
Yuk, cobain menu vegetarian. Lezat!

No comments:

Post a Comment

Thank you for your comment. It will appear soon.