7.3.11

# Belanja # Pekanbaru

Wisata Di Pasar Bawah Pekanbaru


Pasar Bawah merupakan sebuah pasar yang diklaim oleh pemerintah daerah Pekanbaru sebagai pasar wisata. Letaknya di ujung jalan Ahmad Yani, dipertigaan antara jalan Senapelan dan Juanda. Meskipun letaknya agak tersembunyi, tapi mencarinya cukup mudah, karena dari berbagai sudut kota ada penunjuk jalan yang besar-besar kearah pasar wisata tersebut.
Dari tampilan luarnya, pasar ini tampak seperti pasar biasa saja, tidak tampak seperti pasar wisata. Penampilan bangunan pasar yang terdiri dari beberapa lantai ini kurang semarak dan sepertinya sudah lama tidak dilakukan
perawatan. Mungkin sudah saatnya pemkot merevitalisasi pasar ini. Umumnya pasar wisata didominasi oleh barang-barang unik atau makanan khas produksi tempatan, meskipun menjual kebutuhan rumah tangga lainnya. Namun dipasar wisata ini, yang mendominasi justru kebutuhan umum rumah tangga.
Dilantai bawah, kebanyakan menjual korden buatan pabrik. Padahal akan bagus jika diutamakan untuk menjual korden dari kain khas lokal. Lantai dasar dipenuhi aksesoris, kain, makanan, pecah belah dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Sayangnya saya perhatikan aksesorisnya bukan produksi setempat melainkan seperti yang banyak digrosir pedagang di Mangga Dua, Jakarta. Makanan yang biasanya diserbu wisatawan untuk oleh-oleh, malah didominasi makanan kemasan dari negara tetangga. Souvenir bertumpuk pula disini, tapi saya yakin semuanya buatan Yogya. Demikian pula pecah belah yang jelas-jelas bukan produksi tempatan. Yang terkenal dilantai ini sebenarnya adalah karpet. Tapi melihat coraknya, sepertinya juga bukan produksi tempatan.
Jika anda ingin yang khas Melayu, anda bisa membeli kain khas Melayu. Coraknya bagus, warna-warnanya juga cantik. Harganya-pun tidak terlalu mahal, sekitar Rp 50.000 – Rp 80.000 per lembar.
Di lantai berikutnya didominasi penjual tas dan baju merk-merk terkenal, baik kw maupun maupun merk tembakan. Rasanya barang-barang tersebut kurang tepat untuk oleh-oleh. Lantai ini juga terlihat suram, sudah saatnya direnovasi. Jika anda mencari oleh-oleh, di lantai ini anda bisa membeli kaos-kaos dengan tulisan-tulisan Riau atau Pekanbaru.
Wahai pemkot Pekanbaru, ayo dong kita semarakkan Pasar Bawah dengan penampilan yang lebih khas Melayu dan membanjirinya dengan produk-produk khas tempatan.

No comments:

Post a Comment

Thank you for your comment. It will appear soon.