8.2.11

# Kuliner # Pekanbaru

Jambu Bangkok Pekanbaru


Heran ya, mengapa semua buah-buahan kualitas unggul dinamakan Bangkok? Branding seperti ini benar-benar mengharumkan nama ibukota Thailand tersebut, karena merepresentasikan segala sesuatu yang baik.
Jika melintas di Jalan Yos Sudarso Pekanbaru, akan anda jumpai sekitar 5 penjual manisan jambu bangkok yang berjualan menggunakan sepeda yang dimodifikasi menjadi gerobak. Lucunya, semua menggunakan merk
Wirantika. Bukan Wirasantika ya, itu kan Rhoma Irama.
Namanya manisan, maka rasanya manis. Bedanya dengan manisan umumnya adalah jambunya tetap segar, tidak lemas seperti buah yang kelamaan diperam. Menjualnya sudah dalam bentuk irisan siap makan, ditambah saus gula merah. Harganya per plastik Rp 5.000. Karena disimpan dalam kotak es, buah ini sangat segar dimakan di siang terik. Buah ini tidak kenal musim, selalu ada.
Ketika saya ke Medan, buah ini juga dijual dalam kondisi lebih segar lagi tanpa terlalu banyak pemanis di Toko Zulaikha.
Menurut wikipedia, jambu bangkok berguna mengobati batuk dan diare, serta membantu penyembuhan demam berdarah. Meski rasanya segar, karena menjualnya dipinggir jalan, kadang ada rasa curiga juga terhadap bahan pemanis yang digunakan. Namun selama ini, saya baik-baik saja.

No comments:

Post a Comment

Thank you for your comment. It will appear soon.