Sate Buntel Pak Parto Kaliurang

Di sekitar Taman Bermain Kaliurang banyak sekali penjual makanan, baik kaki lima warung kecil maupun rumah makan yang agak besar. Rumah makan Pak Parto ini termasuk agak besar di kawasan Kaliurang. Letaknya di belakang Taman Bermain, sehingga jalanannya tidak terlalu ramai, karena bukan rute utama menuju Telogo Putri. Atau tepatnya seberang kompleks latihan Wanita Angkatan Udara (WARA), dekat Museum Ulen Sentalu. Belakangan ada Kopi Parto tak jauh dari sana tapi saya belum pernah kesana dan tak tahu apakah mereka punya hubungan atau tidak. Updated 2 Oktober 2021.

sate buntel pak parto kaliurang jogja
sate buntel


Baca juga: Wisata Alam Tirto Nirmolo Kaliurang

Rumah makan ini sudah menjadi langganan keluarga sejak jaman dulu karena kebetulan kami punya villa didepan Taman Bermain. Sebenarnya ada satu lagi warung nasi buntel langganan kami dan sebenarnya lebih enak. Sayangnya, belakangan pemilik warung membiarkan anjingnya berkeliaran didalam warung, sehingga kami yang muslim merasa tidak nyaman.

tongseng pak parto kaliurang jogja
tongseng

Sate buntel adalah cacahan sate kambing yang dibungkus dengan lemaknya. Lemak disini bukan gajih yang tebal itu, melainkan lembaran transparan. Aroma lemak yang menempel ke daging kambing sangat menggugah selera. Supaya citarasanya tidak hilang, sate buntel lebih sedap dimakan dengan kecap saja, tak perlu macam-macam saus, seperti saus kacang.

Pilihan istimewa lainnya adalah tahu telur. Hidangan ini disajikan dengan saus kacang. Rasanya gurih.

tahu telor pak parto kaliurang jogja
tahu telor


Selain dua hidangan yang selalu kami pesan itu, ditawarkan pula berbagai menu lain yang umum kita jumpai, tapi saya tidak pernah pesan lainnya, jadi tidak bisa komentar. Harganya termasuk tidak mahal dibandingkan sedapnya hidangan. Selama menunggu hidangan disiapkan, enak juga sambil ngemil ampyang, peyek dan emping. Peyek Kaliurang sangat khas karena kacangnya padat memenuhi peyek sehingga seolah tepungnya hanya sebagai perekat antar kacang.

Update harga per 2 Oktober 2021

Sate butel Rp 23.000,-
Sate ayam spesial Rp 23.000,-
Sop kambing Rp 16.000,-
Tongseng ayam Rp. 20.000,-
Nasi Rp 4.000,-

Warung Makan dan Catering Pak Parto
Jl. Astorenggo, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DIY 55582
Telepon: (0274) 895364 / 08121589001


Post a Comment

0 Comments